Skip to main content
x
Pemerintahan
Wagub Dedy Ajak Pedagang Wajib Pakai Masker

Datangi Pasar Barukoto II, Wagub Dedy Ajak Pedagang Wajib Pakai Masker

Dutawarta.com - Beragam aksi telah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dalam upaya mencegahan penyebaran wabah Covid-19 di Bumi Rafflesia. Mulai dari imbauan, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, penyemprotan disinfektan di fasilitas umum, serta memperketat penjagaan pintu masuk perbatasan dengan provinsi tetangga hingga transportasi udara dan laut.

Kali ini pemprov melakukan ‘Gerakan Pedagang Pasar Wajib Pakai Masker’ dimulai dari Pasar Barukoto 2 di Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Gerakan ini dimulai dengan pembagian masker gratis untuk pedagang dan masyarakat oleh Wakil Bengkulu Gubernur Dedy Ermasyah.

Ia menyampaikan bahwa ini sangat penting, mengingat para pedagang setiap hari berinteraksi dengan banyak orang. "Ini salah satu cara kita mencegah penyebaran Covid-19. Selalu ikuti anjuran pemerintah,  jangan anggap remeh agar kita bisa menghentikan penyebaran virus corona di Provinsi Bengkulu," imbau Dedy.

Selain membagikan masker, Wagub Dedy juga kampanyekan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta upaya-upaya pencegahan dan memutus mata rantai virus corona lainnya kepada para pedagang dan pembeli di pasar.

"Kita imbau para pedagang untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun. Jaga jarak dan jaga kebersihan lingkungan. Jika merasa ada gejala Covid-19 segera lapor ke petugas Kesehatan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu Sudoto mengatakan, gerakan pedagang pasar wajib pakai masker ini dimulai dari seluruh pasar yang ada di Kota Bengkulu.

Targetnya minggu kedua bulan Ramadhan bantuan masker sudah terdistribusikan kepada seluruh pedagang pasar yang ada di seluruh provinsi Bengkulu dan para pedagang menjalankan gerakan bersama ini.

"Hari ini kita mulai dari pasar Baru Koto. Infonya ada 500 pedagang di pasar ini maka kita siapkan seribu masker kain, minimal satu pedagang punya dua masker yang bisa dipakai bergantian setiap hari," tuturnya.

Sudoto menambahkan dalam rangka mendukung gerakan wajib pakai masker, pihaknya telah menyiapkan 100 ribu masker hasil produksi UPTD Pelatihan Kerja Bengkulu, yang siap dibagikan kepada  masyarakat.

Dibaca : 12Klik

Facebook comments