Skip to main content
x
Hukum
Terduga pelaku diamankan petugas

Gadaikan Sertifikat Milik Orang Lain, Pejabat Bank Ditangkap Polisi

Dutawarta.com - Arno, pria yang bekerja disalah satu bank swasta ini, diamankan penyidik Subdit Fiscal Moneter dan Devisa Direskrimsus Polda Bengkulu lantaran diduga terlibat dalam kejahatan perbankan.

Modusnya adalah meloloskan proses pembiayaan Murabaha di PT BPRS Muamalat Harkat Bengkulu, tanpa melalui prosedur yang benar sesuai SOP bank tersebut.

Peristiwa ini terungkap ketika pihak Bank BPRS Muamalat Harkat Bengkulu hendak melakukan penyitaan lahan yang sertifikatnya diagunkan oleh Amran, warga Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. Lahan tersebut akan disita lantaran angsurannya tidak mampu lagi dibayar.

Namun ternyata, sertifikat yang diagunkan tersebut adalah milik Anwar, warga Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan yang tak lain adalah mertua dari Amran.

"Atas perbuatannya, terduga pelaku kini diamankan di Polda Bengkulu guna pemeriksaan lebih lanjut, terduga pelaku dijerat dengan Pasal 63 ayat 1 huruf A dan Pasal 63 ayat 2 huruf B, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah, dengan ancaman hukuman penjara minimal tiga tahun," kata Kapolda Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono M.Si melalui Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno.

Dibaca : 10Klik

Facebook comments