Skip to main content
x
Kampus
Hafiz Cilik Ahmad dan Kamil bersama Rektor IAIN Bengkulu

Hadiri Juara Hafiz Indonesia, IAIN Bengkulu Adakan Seminar Nasional Motivasi Cepat Mengahafal Al-Qur'an

Dutawarta.com - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu menggelar Seminar Nasional Motivasi Cepat Menghafal dan Istiqomah Dalam Muraja'ah Al-Qur'an dengan mengangkat tema "Menghafal Al-Qur'an itu Mudah, Asal Ikhlas," di Auditorium, Senin (21/1/2019).

Kegiatan ini mendatangkan langsung Al Hafiz sekaligus juara hafiz Indonesia Ahmad Ghozali Akbar dan Kamil Ramadhan serta Ust Ir H Ike Muttaqin selaku Pengasuh Pesantren Tahfiz De Muttaqin.

Kampus

Opening Speech disampaikan langsung Rektor IAIN Bengkulu Prof Dr H Sirajuddin M, M Ag, MH. Turut hadir ketua MUI Provinsi Bengkulu Prof Rohimin, Direktur Mahad Al-Jami'ah, dosen dan staf, dan dengan dihadiri oleh seribu mahasiswa IAIN Bengkulu.

Dengan Latar belakang yang sangat menyentuh hati, ini menjadi momen yang sangat berharga bagi lingkungan IAIN Bengkulu kedatangan dua tamu mulia.  Ahmad adalah seorang anak yatim dan mulai belajar membaca Al-Qur'an sejak usia 8 tahun dan dalam waktu 8,5 bulan berhasil menghafal 30 juz Al-Qur'an. Kamil juga seorang anak yatim bahkan sempat menjadi pengemis. Kamil mulai menghafal Al-Quran sejak usia 8 tahun dan berhasil hafal 30 juz dalam waktu 6,5 bulan.

"Tujuan dari menghadirkan dua hafiz ini Kita ingin memuliakan pengahapal Al-Qur'an, yang kedua kita ingin momen ini menjadi motivasi, inspirasi kita semua terutama anak maha santri dan pada umumnya seluruh anak-anak Bengkulu," ungkap rektor IAIN Bengkulu.

Kedua hafiz cilik ini tidak hanya pandai menghafal Al-Qur'an, tetapi juga hafal nomor dan nama surat, nomor ayat, nomor halaman dan bahkan urutan baris yang dibacanya, dan sebelah mana letak ayat Al-Qur'an. Ahmad pernah menjadi juara pertama dan Kamil juara ketiga pada lomba Hafiz Indonesia tahun 2017, mereka berdua juga hafal hadits, hamir 900 hadits Bukhari dan Muslim.

Al-Qur'an tidak sulit untuk dipelajari, asalkan niat kemauan yang sungguh-sungguh, semua umur dan kalangan bisa menghapal asalkan diridhohi Allah.

"Segala sesuatu yang kita inginkan bermula dari diri kita, mau tau tidak. Kalau mau, maka 1000 jalan akan diberi Allah dalam menjemput rahmat-Nya. Semua yang didapat selalu diulang, agar tidak mudah hilang. Pertama yang paling penting mulai lah dari niat dan kemauan," sambung Ust Ir H Ike Muttaqin pengasuh dua hafiz cilik.

Kegiatan seminar  juga diisi dengan sambung ayat antara Rektor IAIN Bengkulu Prof Sirajuddin M,  ketua MUI Provinsi Bengkulu Prof Rohimin, Ustad dan ustazah, maha santri, dosen, dan karyawan dengan Ahmad Ghszali Akbar dan Kamil Ramadhan penghapal Al-Qur'an. (Tri)

Dibaca : 24Klik

Facebook comments