Skip to main content
x
Forum
Fatmawati

Sejarah Perjalanan Ibu Negara RI, Fatmawati Ibu Negara Pertama

Istri kepala negara di setiap negara di dunia pasti memiliki julukan sendiri sendiri. Di Indonesia istri Presiden disebut dengan Ibu Negara. Julukan Ibu Negara disematkan pertama kali pada Ibu Fatmawati Sukarno pada tahun 1945.

Ibu Negara memiliki posisi penting dalam kekuasaan di Istana Kepresidenan Indonesia .Ibu Negara juga diberi gelar kehormatan RI-3. Ibu Negara memiliki peran yang sangat penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Ibu Negara Indonesia memiliki khas berbusana kebaya karena kebaya telah ditetapkan sebagai busana nasional wanita Indonesia oleh Ibu Negara Fatmawati Sukarno pada 1950.Setiap Ibu negara tentu juga memiliki program program yang membantu meringankan pekerjaan suaminya dalam urusan kesejahteraan rakyat.

Sebagai cerminan wanita Indonesia, setiap Ibu Negara memiliki gaya atau pakem khas dalam berkebaya. Ibu Negara juga menjadi simbol kehangatan dan keramahan wanita wanita Indonesia serta sebagai perwujudan dari emansipasi wanita bahwa perempuan juga berhak selalu ada di sisi suami dalam kegiatan apapun dan berhak menjadi pemimpin negara.

Ibu Negara Republik Indonesia dari masa ke masa adalah:

1.Ibu Negara Fatmawati Sukarno (1945-1966)
2.Ibu Negara Tien Suharto (1966-1996)
3.Ibu Negara Ainun Habibie (1998-1999)
4.Ibu Negara Sinta Nuria Wahid (1999-2001)
5.Ibu Negara Ani Yudhoyono (2004-2014)
6.Ibu Negara Iriana Widodo (2014-Sekarang)

Dibaca : 1Klik

Facebook comments