Skip to main content
x
Benteng Marlborough Bengkulu
Benteng Marlborough Bengkulu

Ingin Wisata Sejarah, Yuk Kunjungi Benteng Marlborough

Dutawarta.com - Bagi kamu yang belum tahu, Bengkulu merupakan provinsi yang wajib dijadikan tujuan wisata di pulau Sumatera. Salah satu objek wisata di Kota Bengkulu yang menarik dikunjungi adalah Benteng Marlborough. Benteng megah ini merupakan peninggalan jaman kolonial Inggris di Kota Bengkulu. Benteng ini dibangun Tahun 1713 hingga Tahun 1719 di bawah kepemimpinan gubernur Joseph Callet, benteng tersebut sebagai benteng pertahanan Inggris.

Benteng Marlborough adalah sebuah bangunan benteng pertahanan bangsa inggris yang terletak di pesisir pantai Tapak Paderi di jantung Kota Bengkulu. Benteng Marlborough ini dibangun oleh kolonial Inggris pada tahun 1914 hingga Tahun 1719 dibawah pimpinan Gubernur Jendral Josef Colin semasa pendudukan mereka di Wilayah Bengkulu. 

o

Benteng Marlborough merupakan benteng terbesar di Bengkulu yang pernah dibangun oleh Bangsa Inggris semasa penjajahannya di Asia Tenggara, benteng ini termasuk benteng pertahanan inggris yang cukup kuat. Konstruksi bangunan Benteng ini memang sangat kental dengan corak bangunan menggunakan arsitektur Inggris padan Abad ke-20 yang megah dan mapan.

Bentuk keseluruhan komplek bangunan benteng Marlborough menyerupai penampang tubuh ‘kura-kura’ sangat terkesan bahwa benteng ini kekuatan dan megahan. Detail-detail bangunan yang menganut desain eropa menanamkan kesan keberadaan bangsa inggris yang ada di bengkulu adalah bangsa besar dan berjaya pada masa itu.

k

Berbagai catatan sejarah pernah terjadi di Benteng Marlborough ini, diantaranya tentang kejadian dalam kehidupan bangsa Inggris di Bengkulu pada saat itu, beberapa pesta perkawinan diantara mereka, berbagai kisah perniagaan rempah – rempah di Bengkulu, hingga sejarah peperangan – peperangan yang terjadi di masa itu.

Benteng Marlborough sudah berusia mencapai tiga abad, nilai pada Benteng Marlborough ini lebih dari sekedar bangunan bersejarah yang berada di Bengkulu. Tetapi Benteng Marlborough juga merupakan prasasti bersejarah yang mengisahkan tentang jalinan interaksi antara dua bangsa yang berbeda, yaitu bangsa Inggris dan Melayu Bengkulu.

Benteng Marlborough bagaikan permata sejarah yang menyatukan kenangan manis dari dua bangsa yang berbeda dalam kalung kehormatan peradabannya masing-masing. Benteng Marlborough adalah objek wisata yang tiada boleh dilewatkan ketika wisatawan hendak mengunjungi Bengkulu.

k

Harga Tiket

Ketika memasuki pintu masuk pertama Anda diharuskan membayar tiket retribusi masuk Rp 2.000.

Akomodasi

Di sekitar benteng, pengunjung dapat menjumpai sarana akomodasi dan fasilitas penginapan seperti hotel, rumah makan, pusat perbelanjaan, mini market, kios cenderamata, kios pulsa handphone, sarana ibadah (masjid dan gereja), dan lain-lain.

Akses

Lokasi Benteng Marlborough cukup mudah untuk diakses, karena terletak di jantung Kota Bengkulu dan bersebelahan dengan Kantor Gubernur Bengkulu. Dari Bandar Udara Fatmawati Bengkulu, pengunjung dapat menggunakan taksi untuk sampai di lokasi obyek wisata ini dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Lokasi

Benteng Marlborough terletak di Jalan Ahmad Yani, Kota Bengkulu, Propinsi Bengkulu, Indonesia.
 

Dibaca : 92Klik

Facebook comments