Skip to main content
x
Pemerintahan
Foto bersama

Kanwil Kemenag Siapkan SDM Unggul Bentuk Keluarga Sukinah Bawantu

Dutawarta.com - Pembimas Hindu Kanwil kemenag Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan orientasi pemuda pranikah hindu, Di Hotel Nalla Sea Side Pantai Panjang Kota Bengkulu, Rabu - Jumat tanggal 5-7 februari 2020. Didampingi Pembimas Hindu Drs I Made Nasib Mardika M.Pd, acara dibuka secara resmi oleh kakanwil Kemenag provinsi Bengkulu Drs H Bustasar, MS. M.Pd yang diikuti sebanyak 50 orang pemuda/pemudi hindu, dengan bertujuan mempersiapkan SDM unggul untuk membentuk keluarga sukinah bawantu menuju indonesia maju.

Bustasar mengapresiasi pembimas Hindu dengan menggelar acara ini. Kegiatan ini juga dalam rangka mengajak pemuda hindu untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama. Sehingga pemuda-pemudi hindu, dapat menjadi generasi penerus yang rukun, sejahtera,berguna bagi nusa dan bangsa. "karenanya saya mengharapkan agar kegiatan ini agar terus berkesinambungan," kata Bustasar.

Dikatakan Bustasar, kegiatan ini juga dapat memotivasi pemuda Hindu meningkatkan kualitas toleransi dan solidaritas baik sesama umat maupun antar umat beragama, serta memberikan pemahaman seputar tanggung jawab suami istri dalam membangun keluarga yang bahagia sejahtera lahir dan batin, sehingga dapat terjalin komunikasi dan informasi berkenaan perkembangan maupun permasalahan yang ada dalam umat hindu untuk dicarikan solusi terbaik. ‘’Dengan adanya solusi, kita bisa mengambil langkah-langkah pasti, demi kemajuan kita bersama,’’ ujar Bustasar.

Sementara itu, Ketua Panitia  kegiatan Ni Luh Putu Purwati, S.Pd menjelaskan, 50 orang peserta kegiatan tersebut merupakan perwakilan pemuda dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu dengan menghadirkan nara sumber dari pejabat Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu serta pengurus Lembaga Keagamaan Hindu Provinsi Bengkulu. ‘’Peserta merupakan calon-calon generasi penerus umat hindu, yang nantinya diharapkan menjadi orang yang berkualitas dan menjadi orang yang berguna bagi negara,’’ ujar Ni Luh Putu Purwati.

Kegiatan ini mengupas materi yakni upaya membangun kualitas kerukunan umat beragama melalui perencanaan dan pembinaan keluarga oleh Kakanwil Kemenag Drs H Bustasar, MS, M.Pd, dan materi mengupas program kerja PHDI dalam meningkatkan keluarga Sukinah Bawantu oleh Dr. I Wayan Dharmayana, M.Psi, Persamaan Gender dan tanggungjawab Suami istri dalam membangun keluarga yang bahagia sejahtera lahir dan batin dengan menghadirkan nara sumber Kabag TU Kanwil Kemenag Drs.H. Yasaroh Maksum, M.Hi, serta menggalang Eksistensi Pemuda Milenial Pranikah Demi Indonesia Maju oleh I Kadek Andre Nuaba, S.Kom, S.Sos. Juga mengupas materi mengenai tugas dan fungsi masing-masing anggota keluarga untuk membentuk keluarga sakinah sukinah bawantu dengan menghadirkan nara sumber Drs.I Made Nasib Mardika, M.Pd, kemudian materi pengaruh narkoba dalam kehidupan pemuda pranikah menurut perspektif Hindu oleh nara sumber Sartono, S.Ag. (Tatang/Kemenag)

Dibaca : 8Klik

Facebook comments