Skip to main content
x
Pemerintahan
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

Mendagri Keluarkan Radiogram Pelaksanaan Rakornas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

Jakarta, Dutawarta.com - Menteri Dalam Negeri Prof H M Tito Karnavian, Ph.D mengeluarkan Radiogram terkait pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Radiogram bernomor 080/12217/SJ itu dikeluarkan pada tanggal 6 November 2019 yang ditujukan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota Se-Indonesia.

“Dalam rangka menyinergikan 5 (Lima) Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2020-2024, Kemendagri akan menyelenggarakan Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota tahun pada tanggal 13 November 2019 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat,” kata Mendagri di Jakarta, Jumat (08/11/2019).

Dengan dikeluarakannya radiogram tersebut, diharapkan seluruh unsur pimpinan daerah untuk hadir dalam kegiatan tersebut.

“Gubernur diharapkan hadir bersama Forkopimda Provinsi, yakni Ketua DPRD Provinsi, Pangdam, Kapolda, dan Kajati. Sementara Bupati/Wali kota diharapkan hadir bersama Forkopimdanya, yakni Ketua DPRD Kabupaten/Kota, Kapolres, Dandim, dan Kajari,” ujarnya.

Dengan dikeluarkan radiogram yang bersifat undangan tersebut, diharapkan seluruh Kepala Daerah dan unsur Forkopimda Provinsi maupuan Kabupaten/Kota hadir tanpa diwakilkan. Pasalnya, kegiatan tersebut akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada serta arahan dari Wapres Ma’ruf Amin.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut juga akan dilakukan pemaparan dari sejumlah narasumber untuk menyinergikan program Prioritas Nasional dan Pemerintah Daerah. Adapun Diskusi panel akan dibagi kedalam 8 (Delapan) sesi, yakni:
Diskusi Panel I pada pukul 10.25 WIB dengan tema "Kebijakan Strategis  2020-2024" akan diisi oleh Menkopolhukam, Menko Perekonomian, Menko PMK, Menko Kemaritiman dan Investasi, dan akan dimoderatori oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri.

Diskusi Panel II pada pukul 11.25 WIB terkait dengan "Pembangunan SDM" akan menghadirkan Mendikbud, Menkes, Mensos, Menkeu, dan Menag sebagai narasumber. Penel ini akan dimoderatori oleh Kepala BPSDM Kemendagri.

Diskusi Panel III pada pukul 13.30,  yakni pembahasan "Pembangunan Infrastruktur" akan diisi oleh Menteri BPN/Bappenas, Menteri PUPR, Menhub, Menkominfo, dan Mendes PDTT selaku narasumber. Penel ini akan dimoderatori oleh Dirjen Bina Bangda Kemendagri.

Diskusi Panel IV pada pukul 14.30 WIB dengan tema "Penyederhanaan Regulasi dan Reformasi Birokrasi" akan menghadirkan narasumber Menkumham, Menpan-RB, Kepala BPKM, Menaker, Menteri ATR/BPN, dan akan dipandu oleh Dirjen Bina Adwil Kemendagri.

Diskusi Panel V pada pukul 15.30 WIB terkait dengan "Transformasi Ekonomi I" akan diisi oleh paparan dari Mendag, Menperin, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri BUMN, yang akan dipandu oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri.

Diskusi Panel VI pada pukul 16.30 WIB terkait tema "Transformasi Ekonomi II" akan diisi paparan dari Menpar dan Ekonomi Kreatif, Menteri ESDM, Menteri LHK, Menteri KKP. Panel akan dipandu Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Diskusi Panel VII pada pukul 18.30 WIB dengan tema "Pengawasan" akan diisi oleh Ketua KPK, Ketua BPK, Ketua BPKP dan Irjen Kemendagri, serta akan dipandu oleh Inspektur III Irjen Kemendagri.

Diskusi Panel VIII pada pukul 19.30 WIB terkait dengan "Penegakkan Hukum dan Keamanan" akan diisi oleh Jaksa Agung, Kapolri, Panglima TNI. Acara akan dipandu oleh Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Acara akan dimulai pada pukul 09.00 WIB yang akan diawali dengan sambutan Menteri Dalam Negeri Prof H M Tito Karnavian,Ph.D kemudian dilanjutkan sambutan Ketua DPR RI, dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Mengingat pentingnya acara tersebut, peserta diharapkan hadir sebelum acara dimulai yakni pukul 07.00 untuk melakukan registrasi. 

Kemendagri

Dibaca : 9Klik

Facebook comments