Skip to main content
x
Daerah
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Heri Prastiyono

Optimis, PAD RPH Tahun ini Melebihi Target

Dutawarta.com - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Heri Prastiyono, yang disampaikan oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Warsiman bahwa pihaknya optimis pencapaian target Pendapatan Asli Daerah dari Rumah Potong Hewan, pemeriksaan kesehatan dan pengawasan peredaran daging babi melebihi dari target yang sudah ditetapkan.

Adapun untuk target PAD itu sendiri pada tahun 2019 ini berjumlah Rp 16.100.000 dan meskipun saat ini jumlah yang terkumpul baru mencapai Rp 7.362.000. Keoptimisan ini dikarenakan, masih ada beberapa pihak yang belum memberikan setorannya mulai dari Januari - November.

“Hingga saat ini yang baru terkumpul sebanyak 7 juta lebih, sementara target kita di tahun ini mencapai 16 juta. Tapi meski begitu kami yakin saja kalau PAD kita tahun ini justru melebihi dari target yang sudah ditetapkan tersebut. Karena memang masih ada yang belum memberikan setoran nya dari Januari - November. Kemungkinan ini pihak yang bersangkutan tidak mau direpotkan tiap bulannya, jadi mengambil inisiatif sekaligus pertahun,” jelas Warsiman.

Disampaikannya, adapun untuk pendapatan dari RPH yang bersumber dari retribusi permohonan hewan ternak sapi yang juga telah ditetapkan oleh Perda yaitu sebesar Rp 28.500 untuk per ekor sapinya.
Sementara itu, untuk retribusi dari pemeriksaan kesehatan daging babi atau biasa disebut dengan Korlon, ini sudah ditetapkan sebesar Rp 200.000 untuk per 3 ton babi.

“Untuk jumlah dari RPH itu sudah ditetapkan Perda sebesar Rp 28.500 per ekor sapinya, sementara yang untuk pemeriksaan babi Rp 200.00 per 3 tonnya,” sampai Warsiman. (MC Mukomuko)

Dibaca : 2Klik

Facebook comments