Skip to main content
x
Daerah
Rejang Lebong Tanam Apel Malang

Rejang Lebong Tanam Apel Malang, Januari 2020 Panen Perdana

Dutawarta.com - Tiga Kelompok Tani di Kabupaten Rejang Lebong sejak 2 tahun terakhir mencoba mengembangkan tanaman Apel Malang di kawasan Kecamatan Sindang Dataran. Ketiga kelompok tani tersebut yaitu Bima Saktal yang beranggotakan 20 orang, Berkah Tani 17 anggota, dan Utama Tani 16 anggota.

“Dari pengakuan tiga kelompok tani yang kita ajak diskusi, jumlah yang tertanam kurang lebih 800 batang. Lima ratus batang sudah berbuah, 300 batang baru umur 1 tahun,” kata M Yusuf, Pelaksana Harian Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, saat dihubungi MCRL melalui pesan singkat, Kamis, 22 November 2019.

Yusuf mengungkapkan, jika dilihat dari iklim pertaniannya (agroklimat), tanaman Apel bisa ditanam pada ketinggian 950-1500 dpl. Artinya, Sindang Dataran masuk pada interval ketinggian tersebut. “Sehingga apel dari Malang yang mempunyai ketinggian tempat yang relatif sama bisa adaftif dengan agroklimat Sindang Dataran, tumbuh dan bisa berproduksi optimal,” ungkapnya.

Panen perdana Apel Malang ini diperkirakan pada Januari 2020. Untuk itu, Dinas Pertanian Rejang Lebong akan melakukan kerjasama dengan Badan Litbang Pertanian melalui Puslitbang Hortikultura Balitjestro Indonesia dan BPTP Balitbangtan Bengkulu dalam bentuk pendampingan inovasi teknologi dan diseminasi benih.

“Akan berkoordinasi dengan Kabid Hortikultura tentang bagaimana rencana panen nanti,” kata Yusuf seraya mengatakan selama ini pihaknya selalu memberikan bantuan berupa penyuluhan tentang pemeliharaan dan perawatan tanaman ke para petani Apel tersebut.

“Karena penanaman ini baru swadaya murni dari poktan, untuk ke depannya kita akan berkolaborasi dan integrasi dengan beberapa pihak terkait untuk melakukan pendampingan dan pembinaan intensif terhadap kelompok tani tersebut,” kata Yusuf. (MC)

Dibaca : 2Klik

Facebook comments