Skip to main content
x
Daerah
Dinas Pariwisata menggelar Pelatihan Pandu Wisata Budaya (Belanja dan Kuliner), yang dilaksanakan di Aula Hotel Griya Anggita Curup.

Untuk Meningkatkan SDM, Dinas Pariwisata Rejang Lebong Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya

Dutawarta.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong kembali memberikan pelatihan kepada para pemandu wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam pelatihan kali ini Dinas Pariwisata menggelar Pelatihan Pandu Wisata Budaya (Belanja dan Kuliner), yang dilaksanakan di Aula Hotel Griya Anggita Curup, Selasa (17/12/2019).

Dimana sebelumnya, Dinas Pariwisata sudah memberikan pelatihan Pengelolaan Destinasi, Pengelolaan Home Stay dan Pelatihan pemandu Wisata Alam serta Ekowisata. Dan terakhir Pelatihan Wisata Budaya khususnya Kuliner dan Belanja.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari ini, mulai dari tanggal 17 sampai 19 Desember, di buka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten RL Dra Hj Upik Zumratul Aini didampingi Kabid Ekonomi Kreatif Budi Mario Kurniawan, S.STP.

Kegiatan pelatihan diikuti 70 orang peserta yang berasal dari Pemandu Wisata Rejang Lebong (PWRL), pengelola wisata serta wartawan atau jurnalis Media Cetak dan Media Elektronik Sekabupaten RL.

Kepala Dinas Dinas Priwisata Rejang Upik Zumratul Aini, melalaui Kabid Ekonomi Kreatif, Budi Mario Kurniawan mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan bertujuan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) disektor kepariwisataaan. Karena SDM merupakan faktor penting untuk meningkatkan keberhasilan program pariwisata.

“Kami berharap kepada para peserta pelatihan ini agar dapat menjadikan pemandu wisata di Kabupaten Rejang Lebong yang semakin profesional. Dan ini diharapkan juga semakin membuat pengunjung, terutama wisatawan dari luar daerah semakin tertarik dan betah berkunjung,” ujar Budi Mario kepada Media Center.

Dalam kesempatan itu juga Budi Mario berharap para pemandu wisata ini dapat memiliki pengetahuan seputar kepariwisataan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Dalam pelatihan ini mereka akan diberikan pemahaman mengenai berbagai materi kaitannya dengan kuliner dan tempat oleh-oleh. Agar mereka bisa tahu dan faham kuliner apa saja yang ada di Rejang Lebong. Sehingga saat memandu wisatawan nantinya, mereka bisa menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan kuliner dan pusat oleh-oleh di Rejang Lebong,’’ pungkas Mario. (Andi)

Dibaca : 1Klik

Facebook comments